Senin, 18 Oktober 2010

SWOT pada suatu institusi/perusahaan.

Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, "kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. 
analisis SWOT pada suatu institusi/perusahaan.
Analisis SWOT pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
Strength
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.(“Indocement” atau “Perseroan”) adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang memproduksi berbagai jenis semen bermutu, termasuk produk semen khusus. Indocement memiliki kompleks pabrik terbesar kedua di dunia, yang terletak di Citeureup. Citeureup memiliki sembilan pabrik dimana pada tahun 1975 – 2007, secara bertahap ditingkatkan dengan penerapan teknologi canggih dan beberapa kiln paling efisien yang dioperasikan saat ini. Produk utama Indocement adalah semen tipe Ordinary Portland Cement disingkat OPC dan Pozzolan Portland Cement disingkat PPC yang kemudian digantikan oleh Portland Composite Cement disingkat PCC sejak 2005. Indocement juga memproduksi semen jenis lain misalnya Portland Cement Type II dan Type V serta Oil Well Cement. Indocement juga merupakan satu-satunya produsen semen jenis Semen Putih (White Cement) di Indonesia.
Weakness
Pengendalian biaya yang masih kurang baik sehingga indocement kadang kala mangalami kesulitan biaya produksi.

Opportunity
Meningkatnya kebutuhan semen sejak tahun 2008 merupakan kesempatan bagi indocement untuk meningkatkan produksinya sesuai dengan rencana ekspansi Perseroan selama beberapa tahun terakhir dengan modernisasi dan modifikasi kiln serta peralatan utama yang tidak hanya dapat meningkatkan kapasitas produksi, namun juga lebih efisien.
Treath
Persaingan pasar produk semen sangat ketat. Hal tersebut merupakan tantangan bagi indocement untuk bisa merebut pasar semen di Indonesia.
Banyaknya perusahaan semen lain yang kemampuannya tidak bisa diabaikan sehingga indocement perlu meningkatkan kembali kinerja perusahaannya.

narasumber : selly blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar